APAKAH ITU ARGO KUDA???

taxipontianaksite.wordpress.com-Apa itu argo kuda???

Ada berita menarik beberapa waktu lalu di salah satu stasiun tv swata kita. Tentang argo kuda?

Apaan ya?

Argo kuda itu, ya ARGOMETER TAKSI yang telah dimodifikasi agar bisa lari kencang bak kuda pacu.

Makaudnya tarif yang berjalan di argometer tersebut tidak sesuai dengan tarif sebenarnya alias bisa beeubah dengan cepat.

Gak kebayangkan, gimana kalau kita naik taksi ke kampung yang jauh dan ndeso banget, waktu mudik lebaran misalnya.

Pas naik, taksi yang argo kuda lagi!!!Ehm..bisa-bisa gak jadi kebaran tuh..pulang-pukang malah minta tambahan ongkos buat bayarin taksi itu..mapus deh..memang kejadiannya masih di jakarta masih di jakarta, tapi bukan tidak mungkin di Surabaya gak bakal terjadi.

Atau bahkan mungkin sudah pernah terjadi.

Biasanya yang merubah argo biasa itu menjadi argo kuda ya si sopir taksi sendiri.

Mosifikasinya sih cukup sederhana, cuma butuh 2 kabel yang disambungkan kebagian tertentu.

Setelah disambung, maka mereka bisa menjalankan aksinya. Tapi tidak semua argometer bisa dimodif. Ada sebagian yang diberi pengaman segel, sehingga kalau dirubah bisa2 si sopir kena sanksi dari armadanya.

Namun, yang gak bisa dirubah cuman dikit, kebanyakan masih tetap bisa.

Mereka bisa menggunakan salah satu dari tiga cara agar bisa menjalankan aksinya membuat kuda itu lari kencang.

Pertama, setelah bagian dari argo itu selesai disambungkan ke bagian yang dimaksud, kabel itu ditempatkan diklakson mobil.

Jadi, seperti tombol bel, setiap klaksonnya dipencet maka si kuda akan berlari kencang.

Kedua, ditempatkan di kopling mobil.

Setiap kopling itu ditarik, ya si kuda lari dengan kencang.

Dan yang ketiga, yang ini katanya paling banyak digunakan, yaitu model petik gitar, model ini yang paling sulit terlihat, larena tempatnya tersembunyi.

Caranya kabel-kabel itu ditempatkan disamping kursi pengemudi, untuk menjalankan kuda kabel yang ujungnya telah ditelanjangi, digesek-gesekkan pada besi dibawah kursinya.

Jadi, yang biasa naik taksi harus waspada nih. Jangan sampai tekor gara-gara dikibulin sama sopier taksi yang make argo kuda karena, mereka kalau beraksi juga ketika penumpangnya lengah, misalnya, mengajak penumpang ngobrol yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari argometer.

Nah ketika penumpang sudah lengah, si sopir beraksi menggesek-gesekkan kabel itu, dan si kudapun berlari dengan kencang.

Ada beberapa tips buat penumpang taksi yang akan menggunakan jasa taxi.

1. Telah di jelaskan diatas, kadang-kadang sopir mengajak kita ngobrol, boleh saja kita melayani ngobrol tapi tetap konsen juga ke argometer.

2. Perhatikan gerak-gerik sopir yang mencurigaka.

Kalau melihat gerakan yang mencurigakan, perhatikan segera argometernya. Apakah ikut bergerak juga.

3. Kita yang sering berpergian naik taksi. Pasyti tahu kira-kira jarak antara tempat kita dan tukuan. Jadi, perhitungkanlah jarak yang ditempuh dengan tarif yang berlaku. Nah ketika argo menunjukkan lain dari biadanya, kita bisa komplain.

4. Buat yang mudah tertidur ketika naik kendaraan juga harus waspada, tips di no 3 bisa membantu.

5. Buat yang kepingin hemat, dan gak was-was ketipu sama sopir taksi, mending naik angkot aja..

hehehe.

Namun, dari peristiwa itu kita tidak bisa menyalahkan sopir sepenuhnya. Armada taksi yang merekrut mereka juga patut dipertanyakan.

Karena saat ini menjadi sopir taxi sangatlah mudah, hanya menunjkkan KTP, SIM, KETERANGAN DOMISILI DAN SEDIKIT SYARAT LAIN.

Sehingga kemungkinan ada oknum sopir nakal juga semakin besar.

Sumber:

https://tugupahlawan.com/argo-kuda/

https://m.facebook.com/rajataxi354

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

3 tanggapan untuk “APAKAH ITU ARGO KUDA???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s