Kabupaten Sekadau/Raja Taxi tlp 0813 4500 6566

Kabupaten Sekadau merupakan daerah kecil yang memiliki jalur transportasi segi tiga yaitu Nanga Taman dan Nanga Mahap yang berbatasan dengan kabupaten Ketapang. Dan kota Sekadau adalah kota yang merupakan kota inti yang diewati oleh jalur dalam kota maupun pedalaman, daetah tiga belitang yang berbatasan dengan Senaning Kabupaten Sintang dan Serawak, Malaysia. Kabupaten Sekadau adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten Sekadau terbagi menjadi 7 kecamatan antara lain Belitang , Belitang Hilir, Belitang Hulu, Nanga Mahap,Nanga Taman, Sekadau Hilir, dan Sekadau Hulu. Kota sekadau memiliki posisi yang strategis dalam peta Indonesia, yang merupakan jantungnya Indonesia, karena letaknya tepat di jantung Indonesia.

Tak hanya memiliki lokasi yang strategis, kota ini banyak memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi, serta mempunyai kekayaan hasil alam yang melimpah. Komoditi unggulan Sekadau adala sektor perkebunan, pertanian dan juga jasa. Dibidang perkebunan komoditi unggulannya adalah kelapa sawit, kakao, karet, kopi, kelapa, lada, jagung, ubi jalar, dan.ubi kayu.

Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani kelapa sawit dan karet. Penduduk asli adalah etnis dayak yang terbagi antar lain dayak mualang, dayak ketungau sesat, dayak kerabat, dayak jawant, dayak senganan yang beragama muslim atau orang luar menganggap sebagai suku melayu sekadau.

Kabupaten Sekadau banyak memiliki tempat-tempat beraejarah diantaranya adalah lawang kuri merupakan rumah betang yang melebur menjadi gua batu dalam cerita Sangik dan Marik pada zaman kerajaan Sekadau, ada juga batu tinggi, lawang siti, batu kenyalau, batu nyaut, dan palak kabak yang merupakan tempat penyimpanan tengkorak.

Nama Sekadau diambil dari sejenis pohon kayu yang banyak tumbuh di muara sungai sekadau. Warga lokal menyebutnya.pohon adau. Hingga sekarang dikenal dengan nama Sekadau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s